TIPS SUKSES MEMONDOKKAN ANAK DI PONPES

TIPS SUKSES MEMONDOKKAN ANAK DI PONPES

 Berikut kami sampaikan beberapa Tips Sukses sekaligus jadi factor penting bagi Orang Tua / Wali santri untuk memondokkan putra putrinya di Pondok Pesantren Al-Kamal Yayasan Nurul Ihsan

  1. Niat Ikhlas

Segala sesuatu untuk ibadah, termasuk memondokkan anak tentunya harus diniati dengan ikhlas karena Alloh,SWT. Niatkan dalam hati bahwa kita sangat berharap akan anak kita mempelajari  ilmu agama dan berakhlaq mulia. Sesudah itu bagaimana jadinya anak itu kita serahkan pada Alloh, Insya Alloh anak tersebut kelak menjadi anak yang sholeh/sholekhah dan diberkahi hidupnya oleh Alloh SWT,amin.

Sebagaimana Sabda Nabi SAW,

Siapa saja yang Alloh menghendaki kebaikan ada padanya, maka Alloh akan memberi pengetahuan agama kepadanya.

 

  1. Mendukung Peraturan Pesantren

Dengan niat yang ikhlas, maka Orang Tua/Wali  sepenuhnya menyerahkan putra/putrinya pada kiai, ustadz dan jajaran pengurus pesantren. Ibarat telor yang akan dierami oleh Induknya selama waktu tertentu dengan suhu tertentu, diputar balikan dengan kedudukan tertentu sehingga pada akhirnya akan menetas jadi anak ayam yang begitu Indahnya. Dengan catatan telor yang sedang dierami jangan selalu ditengoki karena bias-bisa jadi tidak menetas.

Ikuti saja peraturan / Tata tertib yang ada dipesantren maupun Madrasah, oleh karena itu mesti diketahui, didukung dan diikuti, jangan dilanggar atau dikempesi.

 

  1. Berperan Aktif dalam Pendidikan

Meskipun sudah menitipkan di Pesantren, Bapak/Ibu Orang Tua/Wali santri tentunya ikut berperan aktif guna memberikan bimbingan dan motivasi kepada anak-anaknya sebagaimana telah disampaikan oleh Bp.Ir.H.M.Yahya Fuad,SE selaku ketua Dewan Pembina Yayasan. Hal ini dilakukan dengan cara Silaturrahmi ke pondok dengan Kiai, ustadz untuk mengecek keadaan santri atau bisa menghubingi via telephone.

 

  1. Menciptakan suasana kondusif di rumah

Meskipun anak mondok dan jauh dari orang tua, suasana dirumah sangat mempengaruhi kejiwaan anak, oleh karena itu  hendaknya orang tua menciptakan suasana yang kondusif dirumah, termasuk dalam hal ini anak tidak perlu dijemput pulang untuk urusan-urusan yang tidak penting seperti yang telah disampaikan oleh Bapak Kia H.Hayat Ihsan dan termasuk ketika anak dirumah orang tua/wali memberi teladan dan anak agar melestarikan kebiasaan di pondok.

 

  1. Rizqi yang halal

Bapak/Ibu Orang Tua Wali tentunya harus memastikan dalam pemberian kiriman biaya untuk putra putrinya haruslah berasal dari rizki yang halal. Hal ini dikarenakan memiliki tujuan yang mulia maka haruslah didukung dengan tata cara yang juga mulia.

 

  1. Berdo’a dan bertawaqal kepada Alloh

Bapak/Ibu Orang tua/wali berupaya secara terus menerus dan disertai do’a kepada Alloh, agar anaknya betah krasan dan semangat belajarnya, karena do’a ini tentunya akan menjadi dorongan yang kuat dalam melaksanakan tugas belajar dipondok. Dan do’a tersebut juga ditujukan kepada para pembimbing di asrama agar mereka diberikan kesehatan, kesabaran, kekuatan dan istiqomah melaksanakan amanah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *