Tes Rapid Antigen untuk Menyambut Kedatangan Santri Asrama

Santri baru asrama sedang menjalani tes rapid Antigen yang dilakukan oleh petugas Puskesmas Kecamatan Kuwarasan
Santri baru asrama sedang menjalani tes rapid Antigen yang dilakukan oleh petugas Puskesmas Kecamatan Kuwarasan (24/7)

Pondok Pesantren Al-Kamal– Dalam upaya pencegahan penularan Covid-19, pada Minggu, 1 Agustus 2021 Pondok Pesantren Al-Kamal bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen kembali menggelar  tes rapid antigen untuk santri asrama  yang datang pada gelombang 3 yaitu kelas 2, 3, 4, dan 5. Guna mengurangi kerumunan saat antre tes rapid antigen maka kedatangan santri dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi pagi pukul 09.00-11.00 dan sesi siang 12.30-15.00. Tes rapid antigen ini diikuti oleh 215 santri yang terdiri dari 92 santri putra dan 123 santri putri. Berdasarkan hasil tes yang dilakukan, sebanyak 210 santri negatif covid-19 dan lima lainnya menunjukkan hasil positif covid-19.  Bagi santri yang dinyatakan negatif diperbolehkan langsung memasuki pondok dan menjalani kegiatan pondok, sedangkan bagi santri yang dinyatakan positif harus pulang ke rumah masing-masing untuk menjalani Isolasi Mandiri (Isoman).

Santri putra sedang melakukan Tes Rapid Antigen (1/8)

Sebelumnya,  pada Jumat (23/7) dan Sabtu (24/7), tes Rapid Antigen Gelombang 1 dan 2  juga telah dilaksanakan guna menyambut kedatangan santri pengurus dan santri baru yaitu keals 7 MTs, X MA dan X SMK. Sebanyak 12 santri pengurus  melakukan tes rapid antigen pada Gelombang 1, dan 235 santri baru pada Gelombang 2. Adapun total peserta rapid laki-laki pada gelombang 2 berjumlah 107 dan perempuan berjumlah 128.  Dari jumlah keseluruhan tersebut, terdapat 223 santri mendapatkan hasil negatif dan 12 santri dinyatakan positif. Mengacu pada aturan pondok pesantren Al-Kamal santri yang dinyatakan reaktif dibawa pulang kembali oleh pihak keluarga untuk melakukan isolasi mandiri sampai batas waktu yang telah ditentukan.

Santri putri mengantre giliran untuk menjalani tes Rapid Antigen (1/8)

Dalam kegiatan yang diselenggarakan di halaman utama pondok tersebut, wali santri tidak dipungut biaya apapun  atau gratis. Hal ini dilakukan dalam rangka upaya pondok mencegah penyebaran Covid-19 di area Pondok Pesantren AL-Kamal tanpa membebani orang tua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *