SODAQO MART, WUJUD KEMITRAAN PP. AL-KAMAL DENGAN PT. HYDRO PERDANA RETAILINDO

Pertumbuhan bisnis jual beli online sangat terasa pada beberapa tahun terakhir, hal ini terbukti dengan lahirnya beberapa situs jual beli online di Indonesia. Namun, bisnis online juga tetap bersaing ketat dengan sistem offline yakni semakin merebak dan menjamurnya toko-toko retail/minimarket di Indonesia sampai ke daerah-daerah pinggiran kota karena dari sisi retail offline ini mempunyai potensi yang sangat besar.

Potensi yang besar juga dimiliki oleh PP. Al-Kamal, dengan ribuan santri dan puluhan tenaga pendidik/karyawan inilah yang mendorong untuk berkerjasama dalam kemitraan dengan PT. Hydro Perdana Retailindo yang beralamatkan di jl. H. Abdul ghani no. 07 rt.04/01 desa karanggan kec. Gunung putri kab. Bogor Jawa Barat. Bentuk kerjasama yang dibangun adalah sebuah minimarket yang bernama “Sodaqo Mart PP. Al-Kamal”.

Dalam websitenya, “Sodaqo” adalah usaha minimarket islami yang didukung hydro, korporasi wakaf yang bergerak di bidang ritel di bawah yayasan Global Wakaf. Dalam menjalankan usahanya Sodaqo berorientasi pada prinsip sociopreneur yang memadukan keuntungan kewirausahaan dan kemanfaatan kemanusiaan bagi masyarakat luas.

Sodaqo menawarkan kerja sama kemitraan yang bukan franchise, dengan konsep sharing economy (shareconomy), yaitu kepemilikan secara bersama-sama. Usaha minimarket sodaqo diharapkan dapat berperan aktif mendorong potensi masyarakat sekaligus mendukung program pemerintah dalam memberdayakan dan menguatkan perekonomian umat.

“Sodaqo Mart PP. Al-Kamal” resmi dilaunching pada hari Jum’at tanggal 31 Januari 2020 di halaman utama PP. Al-Kamal. Acara dihadiri oleh Pimpinan Pondok, Kormin, Komite, dewan asatidz serta dari Kepala Desa Tambaksari.

Dalam sambutannya, H. Bambang Soetadji, S.Pd. selaku Koordinator Administrasi PP. Al-Kamal menyampaikan bahwa Sodaqo Mart PP. Al-Kamal bernilai investasi mencapai 350 jt. Dengan harapan semua warga PP. Al-Kamal dapat bersama-sama mengembangkan.

Selain itu, dari pihak PT. Hydro Perdana Retailindo yang diwakili oleh Mas Bagus menyampaikan bahwa Sodaqo Mart adalah program dari global wakaf yang di menejerial oleh PT. Hydro Perdana Retailindo. Sodaqo mart pertama berdiri untuk wilayah jawa tengah adalah di PP. Ibnu Abbas. Sekarang Sodaqo Mart sudah tersebar di banyak kabupaten dan kota di Jawa Tengah. Seperti Purworejo, Pati, Blora, Kebumen, dan lainnya. Konsep Sodaqo Mart adalah sebuah toko retail yang mengalokasikan laba sebesar 20-30% untuk kemaslahatan fakir miskin, kaum dhuafa, anak yatim, dan kaum difabel di sekitar nya. PP. Al-Kamal dipilih sebagai mitra Sodaqo Mart karena PP. Al-Kamal termasuk Pondok besar yang ada di Kebumen dan memiliki kebersihan lingkungan yang bagus.

Sambutan terakhir disampaikan oleh Dr. Azam Syukur Rahmatullah, SHI, MSI, MA (Pimpinan Pondok). Dalam sambutannya beliau menjelaskan bahwa  semenjak meninggalnya alm. KH. Hayat Ihsan. beliau merasakan betul bagaimana berat mengurusi pondok dari hal besar sampai ke detail fasilitas santri harus diperhatikan. Maka dari itu sokongan bersama sangat dibutuhkan, Sodaqo Mart ini diharapkan bisa turut menghidupkan ekonomi pondok dan kepada keluarga besar Al-Kamal untuk bisa turut berkontribusi dalam pengembangan Sodaqo Mart kedepannya.(Mdl-Mas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *