PROFIL YAYASAN “NURUL IHSAN”

PONDOK PESANTREN “AL-KAMAL” TAMBAKSARI GOMBONG

A. SEJARAH SINGKAT BERDIRINYA

Yayasan Nurul Ihsan dalam sejarah berdirinya, tidak terlepas dari sejarah Pondok Pesantren ““Al-Kamal”” Tambaksari sehingga perkembangannya sampai saat ini. Pondok Pesantren “Al-Kamal” Tambaksari yang didirikan pada Tahun 1996 M oleh al-maghfurlah H.Moh.Sa’ad Noer,BA, merupakan salah satu pondok pesantren di wilayah Gombong bagian selatan. Sebagaimana keberadaan Pondok Pesantren “Al-Kamal” turut berperan dalam membina umat, menyiapkan kader-kader bangsa yang memiliki integritas wawasan dan ilmu dengan landasan Iman dan Taqwa yang mantap dan bersifat netral baik dari golongan NU maupun Muhammadiyah bersatu dalam satu tujuan.

       Sepeninggal H.M. Sa’ad Noer,BA pada tahun 1997 kepemimpinan Yayasan Nurul Ihsan dilanjutkan oleh putranya Bapak Ir.H.M. Yahya Fuad,SE sampai dengan tahun sekarang adapun perkembangan lembaga kependidikan yang ada di Pondok Pesantren “Al-Kamal” yang dipimpin oleh KH.Hayat Ihsan yang merupakan putra ke enam  dari Al-magfurlah KH.Ihsan sebagai tokoh ulama pada waktu itu Beliau Almarhum KH.Ihsan Ismail juga sebagai orang tua dari Ibu Hj.Siti Nururrohmah (Sesepuh Yayasan) dan Kakek dari Bp.Ir.H.M.Yahya Fuad,SE Ketua Dewan Pembina Yayasan Gombong saat ini. Cita-cita mendirikan Pondok Pesantren berawal dari Almarhum KH.Ihsan Ismail yang dulu mondok di Pondok Pesantren “JAMPES” Kediri Jawa Timur.

     Ketika itu setelah MUQIM/Tamat beliau mulai membeli tanah-tanah yang berada di utara dan Timur Masjid Sekarang, namun cita-cita belum terwujud, beliau meninggal dunia. Do’a dan cita-cita beliau mendirikan Pondok Pesantren tetap dilanjutkan oleh Ibu Hj.Siti Shofiyah (Ibu Nyai H.Ihsan)

    Dari kepriyatinan beliau yang ahli zuhud walwaro, pada suatu waktu ibu Nyai berkata “ BESOK DISINI AKAN BERDIRI “ DARUL ISLAM”  DARI UTARA MASJID SAMPAI UJUNG  TIMUR  AKAN BERDIRI BANGUNAN-BANGUNAN, TAPI KALAU SAYA SUDAH MENINGGAL”  dan seterusnya panjang sekali sejarahnya.

     Setelah almarhumah Ibu Hj.Siti Shofiyah di SELAMETI (jawa) yang ketiga tahun (1000 hari), tiba-tiba muncul keinginan kuat di hati Bp.KH.Hayat Ihsan untuk mendirikan Pendidikan Islam disini sesuai dengan cita-citanya ketika mondok di API TEGALREJO Magelang, MWI Ponpes Kebarongan, Ponpes “Wali Songo” Ngabar Ponorogo dan Pondok Modern Gontor Ponorogo. Kemudian keinginan yang mulia itu oleh beliau KH.Hayat Ihsan diceritakan kepada Kakaknya yakni beliau H.M.Sa’ad Noer,BA almarhum, dukungan yang sangat luar biasa, kemudian membentuk pengurus Yayasan yang diberi nama “NURUL IHSAN” dan Nama Pondok Pesantren  “AL-KAMAL”

      Adapun nama  semua tingkatan yang ada di Pondok Pesantren  “AL-KAMAL”   diberi nama “NURURROHMAH“ satu nama pemberian dari Alloh SWT, karena nama tersebut  TERDENGAR (mendengarkan suara) di MUSHOLA waktu beliau KH.Hayat Ihsan sedang Mujahadah malam.

     Beliau H.M.Sa’ad Noer,BA, Ibu Hj.Siti Nururrohmah, Bp.Ir.H.M.Yahya Fuad,SE dan adik-adik beliau pengurus Yayasan yang besar perjuangannya dalam menanggung jawabi dan melestarikan keberadaan Pondok Pesantren “AL-KAMAL” yang tidak terhitung berapa banyak dana pribadi beliau-beliau yang tertanam, dalam pembelian tanah dan Pembangunan Pondok Pesantren “AL-KAMAL” semoga Alloh SWT memberkahi, Amin.

     Pada rintisan awal didirikan Madrasah Diniyyah pada tahun 1987 yang santri-santrinya  terdiri dari remaja masjid dilingkungan sekitar dengan jumlah santri 134 anak, selanjutnya pada tahun 1994 didirikan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ), Pengajian Ibu-ibu Uswatun Khasanah, pada tahun 1996 didirikan Madrasah Tsanawiyah (MTs) Plus Nururrohmah dan Madrasah Diniyah dan sebagian santri tinggal di Pondok  dengan Asrama sementara di Ruang Tamu rumah Bp. KH.Hayat Ihsan sampai dengan dibangunnya Asrama santri. Pada tahun 2002 didirikan pendidikan formal SMK Plus Nururrohmah dan pada tahun 2006 didirikan Madrasah Aliyah (MA) Plus Nururrohmah. Agar keberadaan Pondok Pesantren dapat berkembang dengan lancar maka dikelola oleh Yayasan dengan nama : YAYASAN NURUL IHSAN yang diikrarkan pada hari Rabu, tanggal 29 Nopember 1995 dengan Akta Notaris Ny.Sri Muryati SH.

     Selanjutnya adanya aturan baru maka pada tanggal 28 Mei 2014 Akta Yayasan mengalami perubahan melalui  Notaris DARMONO,SH yang beralamat di Jln.Kartini No.12 Telp/Fax (0287) 473003 Gombong Kebumen dengan Nomor : 123 Tanggal 28 Mei 2014 dengan disyahkan oleh Menteri Hukum dan HAM Nomor : AHU – 01994.50.10.2014 Dengan Nama YAYASAN NURUL IHSAN GOMBONG yang beralamat di Jln.Setasiun No.6  Gombong Telp. (0287) 471066 dengan Ketua Dewan Pembina Ir.H.Mohamad Yahya Fuad,SE.

B. MAKSUD DAN TUJUAN

Secara keseluruhan Pondok Pesantren “Al-Kamal”  Yayasan Nurul Ihsan Tambaksari Kuwarasan Gombong menempati tanah seluas ± 10.300 m2, berlokasi di Jalan Karangbolong No.120/Km.10 desa Tambaksari Rt.02/RW.IV, segenap penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran pada Pondok Pesantren “Al-Kamal” memiliki maksud dan tujuan :

  1. Mencerdaskan kehidupan masyarakat dan bangsa melalui pembinaan dan pengembangan pondok pesantren.
  2. Mendidik dan membina masyarakat untuk menjadi manusia yang bertaqwa dan berkepribadian, terampil dan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga mampu menunaikan tugas dan kewajiban dalam beragama, berbangsa dan bernegara secara Islami.

C. USAHA YAYASAN

Untuk  mencapai  tujuan tersebut, Yayasan  menyelenggarakan da’wah Islamiyyah melalui berbagai usaha : bidang pendidikan, bidang sosial, bidang ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

  1. Dalam bidang pendidikan, amal usaha yang dibina dan dikembangkan antara lain:
    a. Penyelenggaraan Pondok Pesantren putra-putri.
    b. Pendidikan formal yang menggunakan kurikulum terpadu dari Kementrian Agama dan Pondok pesantren MTs dan MA, serta kurikulum Diknas dan Pondok SMK.
    c. Membimbing santri memahami dan menghafal Al-Qur’an, mempelajari Nahwu Shorof melalui metode TAMYIZ

 

  2. Dalam bidang sosial dan da’wah islamiyyah, amal usaha yang yang dibina dan dikembangkan antara lain:

a. Bidang sosial mengarah pada pelayanan dan pembinaan santri dan masyarakat, dalam bentuk pelayanan kesehatan santri bekerja sama dengan RSU PKU Gombong, pemberian santunan pada fakir, miskin.

b. Bidang da’wah Islamiyyah pembinaan umat dan perkembangan syiar melalui majelis Ta’lim.

  3. Bidang Ekonomi dan Kesejahteraan pesantren, amal usaha yang dibina dan dikembangkan antara lain dalam bentuk Koperasi, Baitul Mal wa Tanwil (BMT) “Nururrohmah”

D. LEMBAGA-LEMBAGA

Yayasan Nurul Ihsan  sebagai  penyelenggara pendidikan dalam bentuk Pondok Pesantren “Al-Kamal” antara lain :

  1. Madrasah Diniyyah (Madin)
    Sebagai lembaga pendidikan khusus keagamaan yang didasarkan atas kebutuhan spiritual masyarakat, guna memperoleh dasar pendidikan Islam  khususnya bagi santri yang tinggal di asrama, yang dikelola secara khusus.
  2. Madrasah Tsanawiyah (MTs) PLUS
    MTs Plus Nururrohmah PP.”Al-Kamal” merupakan lembaga pendidikan setingkat SMP, telah terakreditasi Baik (B) berdasarkan SK Kepala Kantor Kementrian Agama propinsi Jawa Tengah. Menggunakan kurikulum terpadu kepesantrenan.
  3. Madrasah Aliyah (MA)
    MA Plus Nururrohmah merupakan lembaga pendidikan setingkat SMA  dengan jurusan IPS dan IPA, memadukan kurikulum kementrian agama dan pesantren, dengan harapan tiap santri memperoleh muatan terpadu.
  4. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
    SMK Plus Nururrohmah PP.”Al-Kamal” merupakan lembaga pendidikan yang bernaung di diknas dengan kurikulum terpadu pesantren memiliki dua (2) Program Keahlian yaitu TMO (Teknik Mekanik Otomotif) Kendaraan Ringan dan Bismen dengan jurusan Marketing/Pemasaran.

E. FASILITAS

Disamping tanah seluas ± 10.300 m2 , juga memiliki fasilitas pendukung proses pendidikan dan pengajaran, diantaranya :

  1. Masjid “MIFTAHUL ANWAR” sarana ibadah
  2. Gedung Al-Kautsar yaitu gedung paling depan, yang dimanfaatkan untuk:
    • Kantor Guru MTs
    • Kantor TU MTs dan Ruang Kepala Madrasah
    • Laborat Komputer – Lantai Atas/dua
    • Laborat Bahasa – Lantai atas/dua
  1. Gedung Mubtadiah depan Masjid digunakan untuk Asrama Putra.
  2. Gedung Arofah dengan 4 ruang yang Representatif, digunakan untuk RKB MTs, dan untuk Ruang Pertemuan.
  3. Gedung Ihsaniyah untuk Asrama santriwati. Dan Asrama Ustadz
  4. Gedung AS’ADIYYAH dengan 3 ruang belajar untuk MTs.
  5. Gedung Al-Ahzar lantai 2, dimana lantai dasar untuk RKB MTs dan Ruang Musik Band “Al-Kamal” dan Fasilitas Drum Band. Lantai 2 untuk RKB kelas Favorit dan Laborat IPA.
  6. Gedung AL-IJAZ bangunan tingkat lantai 2, digunakan untuk RKB MA dan 1 Ruang Guru MA dan RKB MTs.
  7. Gedung Sofiyah dengan 3 ruang RKB digunakan untuk SMK Program TMO
  8. Gedung Al-Ittihadiyah dengan 3 ruang, digunakan untuk RKB SMK program Bismen.
  9. Gedung Darul Qutub digunakan untuk Ruang Perpustakaan dan Kantor Guru dan TU SMK.
  10. Gedung Darul Faizin, digunakan untuk asrama santri Putra dan Ustadz pengasuh santri diwilayah dua sebelah selatan.
  11. Gedung Al-Mansyur 2 lantai digunakan untuk ruang RKB MA.
  12. Gedung Bengkel Otomotif dan BMT di sebelah barat jalan.
  13. Mobil Operasional 1 buah Mobil Xenia , 1 buah mobil Carry supercup. 1 buah Kijang Grand SMK TMO/Bismen
  14. Paralatan Drum Band, Angklung, Rebana, Marawis dan Band.
  15. Peralatan Sound System
  16. Jaringan Internet
  17. Fasilitas Olah Raga Lapangan Basket, Lapangan Footsal
  18. MCK bantuan dari Kemenpera Jakarta – 2014
  19. Tempat Praktek TMO dan Parkir Mobil (di depan Asrama Putra)
  20. Gedung Rusunawa digunakan asrama santri putri dari Kemenpera 3 lantai .
  21. Bengkel Otomotif SMK dan Lab.Bismen.

Pusat Informasi

Pondok Pesantren “AL-KAMAL” Jl.Karangbolong No.120 Tambaksari Kuwarasan Kebumen Jawa Tengah
Telepon: 0812 6891 0334
ppalkamalgombong120@gmail.com||admin@ppalkamalgombong.com