PKKM (Penilaian Kinerja Kepala Madrasah) Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan Di MTs, MA Plus Nururrohmah PP. “Al-Kamal”

PKKM (Penilaian Kinerja Kepala Madrasah) Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan Di MTs, MA Plus Nururrohmah PP. “Al-Kamal”

Senin, 13 Januari 2020 madrasah di bawah naungan PP. “Al-Kamal” kedatangan dua orang pengawas dari Kemenag Kab. Kebumen beliau berdua adalah Dra. Hj. Wuryani dan H. Edy Haryanto, M.Pd. kedatangan beliau berdua adalah dalam rangka melaksanakan tugas Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) di MTs Plus Nururrohmah dan MA Plus Nururrohmah. MA Plus Nururrohmah  mendapat giliran yang pertama yakni dimulai pada pukul 08.30 wib sampai dengan pukul 11.30 wib., adapun MTs Plus Nururrohmah penilaian dimulai setelah sholat Dhuhur.

Berdasarkan Juknis Penilaian Kinerja Kepala Madrasah – Keputusan Dirjen Pendis Nomor 1111 tahun 2019. Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) merupakan suatu proses pengumpulan, pengolahan, analisis, dan interpretasi data tentang kualitas Kepala Madrasah dalam melaksanakan tugas pokoknya sebagai kepala madrasah. Peraturan Menteri Agama Nomor 58 Tahun 2017 menjelaskan bahwa penilaian kinerja kepala madrasah meliputi; usaha pengembangan madrasah yang dilakukan selama menjabat sebagai kepala madrasah, pelaksanaan tugas manajerial, pengembangan kewirausahaan, dan supervisi pada guru dan tenaga kependidikan sesuai dengan standar nasional pendidikan.

Acara PKKM di MA Plus Nururrohmah bertempat di ruang kelas dan dimulai sebelum masuk ruangan dengan acara penyambutan kedatangan pengawas yang dilaksanakan oleh santri dengan acara tongkat pora dan penyalaan kembang api yang semakin menambah kemeriahan acara penyambutan, kemudian dilanjutkan di dalam ruangan yang juga disambut dengan tari persembahan oleh santriwati. Acara dilanjutkan dengan sambutan pemaparan kegiatan MA Plus Nururrohmah oleh Ustd. Nurul Fithriyah A.L., M.Pd.I. yang menjelaskan aktivitas kegiatan pembelajaran, ekstrakurikuler, serta prestasi-prestasi madrasah.

Kegiatan PKKM di MTs Plus Nururrohmah yang mendapat giliran di siang hari, sesuai dengan instruksi kepala madrasah Ust. Nur Ahmad Zaini, S.Ag. bahwa kegiatan belajar mengajar tetap berjalan sebagaimana mestinya sampai dengan pukul 13.30 dan tetap melaksanakan kegiatan ekstra TPQ yang berlangsung pada pukul 13.30 sampai 14.30 WIB. di saat Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) berlangsung. Hal ini memerlukan pembagian tugas yang baik antara dewan guru karena harus ada yang mendampingi pengawas dan juga harus etap ada yang mengajar di kelas.

Dalam sambutannya,  ibu Dra. Hj. Wuryani menyampaikan bahwa kegiatan PKKM ini akan memotret kondisi madrasah secara riil bukan menggunakan kamera B60 yang memperindah foto tetapi menggunakan kamera zaman dahulu “Fuji film” yang mengusung tema “indah sebagaimana aslinya”.

Ucapan terima kasih kepada Drs. H. Sobirin, H. Idris, S.Pd, H. Abdullah Afandi selaku komite madrasah dan H. Bambang Soetadji, S.Pd. selaku koordinator administrasi yang turut hadir dan mendampingi kegiatan PKKM ini hingga akhir. Semoga dalam kegiatan PKKM ini dapat meningkatkan kualitas menjadi lebih baik dalam usaha pengembangan madrasah, pelaksanaan tugas manajerial, pengembangan kewirausahaan, dan supervisi pada guru dan tenaga kependidikan sesuai dengan standar nasional pendidikan. (mas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *