Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) Upaya peningkatan kemampuan Kepala Sekolah dan Tercapainya Standar Nasional Pendidikan (SNP) Tahun 2021

Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) Upaya peningkatan kemampuan Kepala Sekolah dan Tercapainya Standar Nasional Pendidikan (SNP) Tahun 2021

Selasa, 23 februari 2021 SMK Plus Nururrohmah yang berada di bawah naungan Pondok Pesantren Al-Kamal kedatangan dua orang Pengawas Sekolah Madya Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IX yakni Warjan, S.Pd. M.M dan Drs, Wiji Sasongko. Pelaksanaan Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) dilaksanakan pada pukul 13.00 WIB di Gedung “ESEMKA’

Dalam acara tersebut dihadiri oleh Guru Pangkalan  SMK Plus Nururrohmah. Kemudian dimulai acara yang dipandu oleh MC, yaitu Ustadz Nasrudin, S.S.  kemudian dilanjutkan dengan sambutan Kepala SMK  Plus Nururrohmah, yakni Ustadz Saifuddin Zuhri, M. Pd,  dalam sambutannya beliau menyampaikan Hari ini  merupakan hari bersejarah dalam dunia pendidikan, khususnya dikalangan sekolah swasta. PKKS ( Penilaian Kinerja Kepala Sekolah ) yang biasanya dilakukan di sekolah-sekolah Negeri tentu merupakan suatu hal yang biasa, hal yang tidak mengherankan lagi bagi mereka yang sudah menjadi agenda rutin dalam pelaksanaan penilaian tersebut. Kemudian disampaikan pula tentang pengenalan lingkungan sekolah, progam-progam sekolah, aktivitas kegiatan sekolah, dan inovasi yang telah dilakukan oleh SMK Plus Nururrohmah.

Setelah sambutan Kepala SMK Plus Nururrohmah selesai, kemudian dilanjutkan sambutan Ketua dewan Pimpinan Pondok Pesantren Al-kamal, yang dalam hal ini diwakili oleh Ustadz H. Bambang Soetadji ( Sekretasis Dewan Pimpinan Pondok Pesantren Al-Kamal), beliau menyampaikan perihal Struktural kepemimpinan di Pondok Pesantren Al-Kamal, diperkenalkan kepada ndewan pengawas, yang dimulai dari Ketua Yayasan, Wakil Ketua Yayasan, Sekretaris, dst.

Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan  Pengawas Sekolah Madya Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IX yakni  Bapak Warjan, S.Pd. M.M.Dalam sambutannya, bapak Warjan, S.Pd. M.M  menyampaikan bahwa Kepala Sekolah haruslah mempunyai inovasi-inovasi baru, trobosan trobosan baru sebagai upaya peningkatan sekolah, baik sekolah, guru atau karyawan.  Adapun kutipan kata yang dapat diambil dari sambutan beliau adalah “ Guru biasa – Biasa mengatakan, Guru baik – Menjelaskan, Guru Superior – Menunjukkan, sedangkan guru Hebat – Yakni Guru Yang Menginspirasi.

Dalam acara penyambutan sudah selesai, kemudian dilanjutkan dengan penilain masing-masing sub kompetensi yang harus dipenuhi dan yang akan di evaluaisi oleh Pengawas.

Kepala sekolah sebagai Pimpinan tertinggi dalam suatu sekolah mempunyai tugas yang sangat kompleks dan sangat berpengaruh terhadap maju mundurnya sekolah. Adapun Aspek penilaian yang akan di evaluasi dalam upaya meningkatkan mutu dan kemajuan sekolah, khususnya di SMK Plus nururrohmah, yakni

  1. Kompetensi Kepribadian dan Sosial
  2. Kompetensi Kepemimpinan Pembelajaran
  3. Kompetensi Pengembangan Sekolah
  4. Kompetensi Manajemen Sumberdaya
  5. Kompetensi Dimensi Kompetensi Kewirausahaan
  6. Kompetensi Supervisi Pembelajaran

Tentunya dalam PKKS (Penilaian Kinerja Kepala Sekolah) bertujuan untuk mengetahui kualitas dan kemampuan kinerja kepala sekolah dan ketercapaian Standar Nasional Pendidikan (SNP) di sekolah. Adapun manfaat yang diperoleh dari PKKS (Penilaian Kinerja Kepala Sekolah) yaitu untuk menentukan Indeks Prestasi guna menentukan Kebijakan Promosi, Mutasi, penghargaan dan Pembinaan kemampuan Profesional serta penilaian angka kredit.

Alhamdulillah dalam pelaksanaan PKKS (Penilaian Kinerja Kepala Sekolah) dapat berjalan dengan Lancar dan Sukses. Dengan harapan besar akan mendapat hasil yang terbaik. Mendapatkan keberkahan atas kerja keras yang telah dilakukan dan berkah memberkahi untuk kita semua. Aamin ya robbal ‘alamin… (arf-yk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *