PENILAIAN KINERJA KEPALA MADRASAH (PKKM) 4 TAHUNAN MTS PLUS NURURROHMAH

PENILAIAN KINERJA KEPALA MADRASAH (PKKM) 4 TAHUNAN MTS PLUS NURURROHMAH

Sabtu, 1 Agustus 2020 MTs Plus Nururrohmah suatu lembaga pendidikan berbasis madrasah di bawah naungan Pondok Pesantren Al-KAMAL melakukan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) 4 tahunan sebagai upaya peningkatan kualitas pendidikan di madrasah. Acara ini dimulai pukul 08.00 WIB di gedung Arofah MTs Plus Nururrohmah, PP-AL KAMAL dengan ustazah Siti Fatimah, M.Pd. sebagai pembawa acaranya. Acara tersebut dibuka dengan membaca surah Al Fatihah secara bersama-sama. Selanjutnya acara sambutan yang pertama oleh ketua tim pelaksana PKKM yaitu H. Ma’ruf Widodo, S.Ag, M.Pd. Selaku Kasi pendidikan madrasah kantor Kementerian Agama Kebumen sekaligus membuka acara PKKM 4 tahunan pada hari ini.

“Ini merupakan salah satu tugas pembinaan madrasah terlebih bertepatan dengan hari Tasyrik. Semoga ada keberkahan dalam penilaian hari ini. Semoga menjadi harapan baik bersama. Ini hanya salah satu tolak ukur. Proses untuk menyesuaikan juknis PKKM 4 Tahunan yang mau tidak mau harus dilaksanakan oleh Kementerian Agama,”tuturnya.

Sambutan yang ketiga oleh kepala MTs Plus Nururrohmah, Ustad Nur Ahmad, Zaini, S.Ag. Sekaligus memaparkan profil, visi misi dan sekilas tentang MTs Plus Nururrohmah. Sebelumnya, beliau memohon bimbingan dan masukkan dari ketua tim dan tim pelaksana serta permohonan maaf jika dalam mempersiapkan PKKM ini belum sempurna, beliau berharap semoga untuk selanjutnya akan lebih baik lagi. Pemaparan yang pertama tentang profil MTs Plus Nururrohmah, yaitu pengenalan lingkungan madrasah. Beliau menjelaskan sekilas tentang MTs Plus Nururrohmah.

“MTs PLus Nururrohmah berdiri tahun 1996 dengan usia saat ini kurang lebih 25 tahun. MTs Plus Nururrohmah merupakan cikal bakal berdirinya pondok pesantren ini. Berawal dari adanya kegiatan TPQ di tahun 1994-1995. Dari TPQ inilah muncul ide untuk mendirikan suatu pendidikan formal setingkat SMP/MTs. Diawali dengan mengadakan semacam pengenalan kepada masyarakat, yaitu melalui perkemahan, akhirnya banyak yang mengikuti TPQ dan alhamdulillah MTs mendapat 2 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 75 siswa. Karena ada yang rumahnya jauh, seperti Karangbolong, Pasir, Jintung. Akhirnya Alm Kyai Hayat Iksan dengan ikhlas menyulap kediamannya sebagai asrama untuk bermukim siswa-siswinya. Karena siswa-siswinya semakin bertambah, maka didirikanlah pondok pesantren. Ustad/dahnya pun banyak yang didatangkan dari Jawa Timur, yang bermukim pula di kediaman alm pak kyai. Berawal dari siswa-siswi MTs inilah, pondok pesantren Al-KAMAL berdiri, dan mengapa diberi nama MTs Plus Nururrohmah, ada kata Plus, karena dimasukkannya muatan keagamaan dari pesantren dalam kegiatan pembelajarannya,” tutur beliau.

Penyampaian yang kedua yaitu mengenai visi, misi, dan tujuan madrasah. Terakhir, penyampaian data alumni MTs. Bahwa alumni MTs Plus Nururrohmah banyak yang diterima di SMA, MA, atau SMK negeri dan swasta terbaik di Kebumen.

Sambutan yang keempat oleh pimpinan pondok pesantren Al-KAMAL, beliau Dr. Azam Syukur R, S.H.I., M.S.I., M.A. beliau menuturkan bahwa PKKM dan akreditasi merupakan suatu kegiatan yang wajib dilaksanakan di lembaga formal seperti sekolah. Beliau juga memberikan ilmu tentang istilah “Polah dan Pasrah”, bahwa kita harus melakukan usaha dengan sebaik-baiknya, yang mana selanjutnya kita berpasrah aktif, yaitu kita mau melakukan perbaikan atas evaluasi yang dilakukan. Sedangkan “Karma dan Darma.” merupakan bentuk kesesuaian tanggungjawab dan peran yang diemban yang hendaknya dilakukan dengan baik, positif, dan selalu bisa mengambil hikmah dari setiap kejadian.

Acara selanjutnya yaitu inti atau Penilaian Kinerja Kepala Madrasah. Dimulai pukul 09.00 s.d 11.30 WIB. Penilaian dipandu langsung oleh Koordinator Pelaksana Drs. H. Fauzi Ma’sum, M.Pd.I., beliau memaparkan teknis penilaiannya dan tim segera mempersiapkan diri. Penilaian dimulai dari standar 1 yaitu Pengembangan Madrasah. Dilanjutkan standar Managerial, Kewirausahaan, Supervisi, dan terakhir standar Hasil Kinerja Kepala Madrasah. Setelah penilaian selesai, dilanjutkan dengan acara refleksi yang disampaikan oleh ketua tim pelaksana PKKM yaitu H. Ma’ruf Widodo, S.Ag, M.Pd. sebagai ringkasan penilaian dan juga masukan-masukan agar PKKM yang selanjutnya akan jauh lebih baik lagi.

Acara yang terakhir yaitu penutup. Acara PKKM 4 tahunan MTs Plus Nururrohmah ditutup dengan membaca hamdalah bersama-sama. Selanjutnya dilanjutkan sesi foto bersama dan ramah tamah dengan para tim penilai dan pengawas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *