“Panggung Inspirasi” Sebagai Puncak Peringatan Hari Santri Nasional 2019 di PP. “Al-Kamal”

“Panggung Inspirasi” Sebagai Puncak Peringatan Hari Santri Nasional 2019 di PP. “Al-Kamal”

Santri Pondok Pesantren “Al-Kamal” baik santri putra maupun santri putri yang dinaungi wadah organisasi bernama OPPK Pa/Pi (Organisasi Perlajar PP. “Al-Kamal” Putra/Putri) angkatan XI mempersembahkan sebuah show yang bertajuk ‘Panggung Inspirasi’ pada hari Sabtu malam Ahad tanggal 19 Oktober 2019 yang diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional yang jatuh pada tanggal 22 Oktober yakni dua hari setelah acara tersebut berlangsung.

Panggung Isnpirasi sebagai tema utama dalam show ini dimaksudkan sebagai pertunjukan seni dan ketrampilan santri yang diharapkan mampu menginspirasi seluruh santri PP. “Al-Kamal” baik yang mukim maupun yang non mukim, bahwa sebagai santri bukan hanya berkutat pada urusan mengaji (sarung, peci hitam, kitab-kitab) tetapi santri harus multi skill yakni mampu berorganisasi, berkarya seni ketrampilan, serta mampu mempertunjukkan di hadapan khalayak.

Acara diselenggarakan di lapangan utama PP. “Al-Kamal” dan dihadiri kurang lebih seribu hadirin diantaranya terdiri dari tamu undangan, sebagian besar wali santri, masyarakat sekitar pondok, para alumni, serta seluruh santri MA, SMK, dan santri kelas IX MTs. Bagi santri non mukim setelah menyaksikan acara Panggung Inspirasi mereka diharuskan mengikuti rangkaian kegiatan Mabit di Madrasah yang diisi dengan sholat lail, sholat subuh berjamaah, dan mengaji bersama.

Berbagai penampilan seni dan ketrampilan yang sangat memukau para hadirin di malam itu, acara dimulai dari grand opening berupa pembacaan synopsis sejarah berdirinya PP. “Al-Kamal”,  tari saman dari aceh, dance hip hop koreografi, tari pasang jabet, pantomime, tari melajah niggle dari Bali, tari nandak dari Betawi, silat dari santri putri, silat dari santri putra, beat box, paduan suara alunan simponi kebersamaan, closing  berupa indian dance.

Acara berkonsep formal dan non formal, formalisasi acara diawali dengan tiga pembawa acara dari santri putri dengan menggunakan tiga bahasa yaitu Indonesia, Arab, dan Inggris kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan ketua panitia, sambutan kepala madrasah diniyyah, serta tanbihat wal irsyadat dan pembukaan acara oleh pimpinan PP. “Al-Kamal” dengan penyalaan obor sebagai symbol dimulainya acara selanjutnya acara formal diakhiri dengan doa. Setelah doa, acara dilanjutkan oleh tiga mc putra dengan dengan kostum resmi tetapi tetap terkesan elegan dan santai membawa hadirin untuk menikmati pertunjukkan.

Suka duka dirasakan panitia dalam mengorganisasi acara ini, Yusuf Saifulloh selaku ketua dalam kepanitiaan ini menyampaikan bahwa pertama kali yang dihadapi panitia adalah kebingungan dan keraguan akan terlaksananya acara pertunjukan seni dengan waktu malam hari dan terbuka untuk umum. Sementara itu, latihan demi latihan dijalani serta persiapan dekorasi panggung sangat menguras tenaga dan pikiran, rasa lelah, penat, panasnya terik matahari semua menjadi tantangan tersendiri. Namun semua itu terbayar lunas dengan kelancaran dan kesuksesan penyelenggaraan Panggung Inspirasi untuk pertama kalinya.

Besar harapan panitia supaya kegiatan ini dapat menginpirasi seluruh hadirin yang menyaksikan terkhusus kepada adek-adek kelas santri PP Al-Kamal bahwa santri harus punya kreatifitas di segala bidang keahlian dan agar nantinya dapat menyelenggarakan kegiatan serupa dengan pertunjukkan yang lebih baik dan lebih meriah.

Di akhir acara, pengurus OPPK ke 11 bernama Zealous Generation (generasi dengan semangat membara)baik putra maupun putri memberikan kenang kenangan kepada Pimpinan Pondok  berupa kamera digital dslr canon eos 1300D seharga 6 juta 5 ratus. Ucapan terimakasih disampaikan kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi atas terselenggaranya kegiatan tersebut. (mas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *