MTs Plus Nururrohmah – PP. “Al-Kamal” Giatkan GCA  (Gerakan Cinta Al-Qur’an)

MTs Plus Nururrohmah – PP. “Al-Kamal” Giatkan GCA (Gerakan Cinta Al-Qur’an)

MTs Plus Nururrohmah adalah salah satu lembaga pendidikan dengan nilai akreditasi A, berada di bawah naungan Yayasan Nurul Ihsan. Lembaga tersebut pada tahun ajaran 2019/2020 menerima santri baru kelas tujuh berjumlah sembilan kelas, hal ini menunjukkan peningkatan masyarakat Kebumen dan sekitarnya untuk mempercayakan pendidikan putra dan putrinya untuk menimba ilmu di MTs Plus Nururrohmah PP. “Al-Kamal”.

Latar belakang keilmuan para santri tersebut bermacam-macam terkhusus ilmu (baca) Al-Qur’an yang sebagai pintu masuknya ilmu keIslaman. Sedari awal, pada saat pendaftaran santri baru dibuka, panitia penerimaan santri baru telah menyiapkan beberapa formulir dan tes untuk mengetahui jati diri calon santri salah satunya dalam bidang kemampuan baca Al-Qur’an. Setelah dievaluasi ada tiga kategori , pertama, santri baru yang masih dalam tahap belajar membaca Al-Qur’an (masih Iqro’), kedua, santri baru yang sudah mampu membaca Al-Qur’an namun belum pernah mengkhatamkannya, dan yang ketiga, santri baru yang sudah lancar membaca Al-Qur’an dan pernah mengkhatamkannya.

Menyadari hal itu, para pemangku kebijakan menyiapkan cara dan strategi dalam menyikapi hal tersebut dengan cara mendidirikan TPQ (Taman Pendidikan Al-Qur’an), TPQ di Pondok Pesantren “Al-Kamal” pada dasarnya telah berdiri bahkan sebelum berdirinya pondok yakni pada tahun 1994-1996 yang kemudian tidak lagi aktif seiring berdirinya Madrasah Tsanawiyah. Kemudian pada tahun 2019 tepatnya pada hari Kamis tanggal 20 Juni 2019 TPQ Nururrohmah kembali diaktifkan dan diresmikan berbarengan dengan acara Wisuda Santri, hal ini tidak lepas dari peran Dr. Azam Syukur Rahmatullah, SHI., MSI., MA. Yang telah menginisiasi berdirinya kembali TPQ. Kemudian, teknis pelaksanaanya diatur oleh H. Bambang Soetadji, S.Pd. selaku Koordinator Administrasi PP. “Al-Kamal” dan kepala TPQ Ust. Nasrudin, S.S. kemudian dikoordinasikan dengan kepala MTs Plus Nururrohmah Ust. Nur Ahmad Zaini, S.Ag.

Pembelajaran TPQ diperuntukkan bagi putra putri masyarakat sekitar pondok dan santri MTs Plus Nururrohmah, adapun waktu pembelajaran TPQ bagi putra putri masyarakat sekitar pondok dilaksanakan setiap hari selasa dan rabu mengambil waktu sore setelah sholat Ashar, sedangkan TPQ bagi santri MTs Plus Nururrohmah dilaksanakan setiap hari Senin hingga Kamis setelah jam pelajaran usai yakni pukul 14.00 WIB. Dalam pembelajaran TPQ diklasifikasikan menjadi tiga yakni kelas Iqra’(belajar membaca Al-Qur’an), kelas Tahsinul Qira’ah (mengkhatamkan Al-Qur’an dengan bacaan yang benar), dan kelas Tahfidz (menghafal Al-Qur’an dimulai dari Juz 30).

Ust, Nur Ahmad Zaini, S.Ag. menyampaikan bahwa target pembelajaran TPQ bagi santri Mts adalah mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dalam rentan waktu tiga bulan bagi yang saat ini belum mampu membaca Al-Qur’an dan target utama yaitu meluluskan santri MTs yang telah hafal Al-Qur’an minimal 1 Juz. Dengan demikian, perlunya dukungan dari berbagai pihak demi mensukseskan program tersebut khususnya dukungan dari para wali santri untuk turut serta memotivasi putra putrinya dalam mengikuti TPQ, demikian beliau mengakhiri ucapannya. (mas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *