Kegiatan Muhadhoroh Santri Pondok Pesantren Al-Kamal

Kegiatan muhadhoroh merupakan sebuah kegiatan berbicara di depan para santri atau berorasi untuk menyatakan suatu pendapat ataupun menggambarkan suatu hal dihadapan para santri, yang bertujuan untuk melatih mental berbicara dihadapan banyak orang, melatih kelancara berbicara didepan umum, melatih bahasa yang digunakan para santri pada saat kegiatan muhadhoroh.  Kegiatan muhadhoroh adalah kegiatan rutinitas para santri setiap malam minggu, muhadhoroh lebih cenderung seperti berpidato dengan menggunakan bahasa arab, bahasa inggris dan bahasa Indonesia. Ada yang perlu diperhatikan bahwa pada saat para santri mengikuti kegiatan muhadhoroh yaitu penampilan. Penampilan pada saat muhadhoroh haruslah rapih dan bersih.

Selain belajar diam untuk mendengarkan, kita juga perlu belajar berbicara untuk menjelaskan, kemampuan berbicara didepan umum yang dimiliki setiap orang tidaklah sama, karena kemampuan ini berkaitan erat dengan citra pribadi masing-masing. Biasanya orang yang memiliki kemampuan tersebut sering berperan sebagai seorang pemimpin. Dalam hal ini madrasah diniyah pondok pesantren al kamal merespon hal tersebut dengan mengadakan kegiatan muhadhoroh, dimana para santri belajar, berlatih dan membiasakan diri untuk tampil dan berbicara didepan banyak santri.

Kegiatan muhadhoroh sering diartikan sebagai kegiatan latihan berpidato semata, namun kegiatan muhadhoroh di pondok pesantren alkamal lebih dikembangkan menjadi kegiatan yang lebih spesifik dan aplikatif dalam mempersiapkan para santri kelak terjun di masyarakat. Para santri dituntut untuk bias menguasai podium dan tidak mempermalukan dirinya sendiri didepan para santri yang ikut menyaksikan, maka perlu persiapan baik materi yang akan disampaikan maupun mentalnya.

Pada akhirnya bahwa kegiatan muhadhoroh  tidak hanya kegiatan yang bermanfaat dalam kegiatan kepondokannya saja, kegiatan muhadhoroh juga membentuk karakter para santri yang tegas, berani, disiplin, bertanggung jawab dibawah tekanan dan menghargai pendapat orang lain, menjadi santri yang bangga akan kesantriannya dan menjadi santri yang kesantriannya memang benar-benar layak dan pantas untuk dibanggakan

Kegiatan Muhadhoroh Santri Pondok Pesantren Al-Kamal

Musyawarah Besar santri Pondok Pesantren Al-Kamal merupakan suatu kegiatan musyawarah para santri untuk mengestafetkan kepengrusan, artinya mencari kesepakatan bersama untuk pergantian kepengurusan di periode sebelumnya. Kegiatan ini di lakukan di gedung Al-Mansur yang diikuti oleh calon penerus perjuangan para santri atau pengurus diperiode sebelumnya, yakni periode 2018-2019.

            Dalam Musyawarah ini ada hal yang perlu diperhatikan yakni laporan penanggung jawaban (LPJ) di setiap kegiatan, AD/ART dalam organisasi, beberapa pembahasan tentang progam kerja untuk kepengurusan selanjutnya dan juga pemilihan kepengurusan untuk periode selanjutnya dan masih banyak pembahasan lainnya.

Kegiatan Muhadhoroh Santri Pondok Pesantren Al-Kamal

Pelantikan Pengurus Organisasi Pondok Pesantren AL-KAMAL

Dalam rangka kaderisasi Organisasi Pondok Pesantren Al-Kamal (OPPK) melaksanakan pelantikkan dan serah terima jabatan. Acara dilaksanakan di pondok pesantren al-kamal ini menjadi tanda berakhirnya masa bakti kepengurusan di periode sebelumnya yakni periode 2017-2018.

Organisasi Pondok Pesantren Al-Kamal merupakan suatu perkumpulan yang terdiri atas bagian-bagian tertentu yang beranggotakan santri yang menuntut ilmu yang bertujuan untuk menjadikan para santri lebih terarah dan menjadikan pondok pesantren lebih kondusif.

Dalam pembentukkan pengurus baru Organisasi Pondok Pesantren Al-Kamal bertujuan untuk lebih menegakkan aturan yang berada di pondok pesantren dan tentunya untuk melatih para santri untuk bisa berorganisasi dan memiliki jiwa leadership sejak dini yang harus dimiliki setiap pengurus dan menjunjung tinggi etos kerja dalam kebersamaan, meningkatkan rasa tanggung jawab.