Gebyar Pentas Seni

MTs Plus Nururrohmah PP. “Al Kamal” Kuwarasan

        Dalam rangka pembinaan dan pengembangan kreativitas siswa dalam bidang seni, MTs Plus Nururrohmah Tambaksari Kuwarasan menggelar Pentas Seni  yang dilaksanakan pada tanggal 16 Pebruari 2019 dengan mengusung tema “Kembangkan dan Beranikan untuk Menunjukkan Bakatmu”.

        Acara ini dibuka secara resmi oleh Pimpinan Pondok Pesantren “Al Kamal” beliau Bapak KH. Hayat Ihsan,  dan juga dihadiri oleh komite sekolah, Kepala Madrasah Ustadz Nur Ahmad Zaini, S.Ag.   Dalam sambutannya beliau bapak pimpinan pondok berharap PENSI ini dijadikan sebagai ajang untuk menunjukkan bakat dan potensi siswa dibidang seni dan dapat digelar secara rutin setiap tahunnya dengan tujuan pembinaan dan evaluasi kegiatan bimbingan ektrakurikuler khususnya dibidang seni.

        Kegiatan ini dimotori oleh guru mata pelajaran seni budaya yakni Ustadzah Siti Fatimah, M.Pd.I beliau menyatakan acara ini sukses berkat dukungan dan kerjasama komite sekolah, kepala madrasah dan seluruh guru terutama para wali kelas yang telah membina dan mendampingi para siswanya selama proses latihan yang cukup lama mereka persiapkan, bahkan para wali kelas rela mengorbankan waktunya di luar jam pelajaran untuk mendampingi para siswanya. Selain itu ada peran anggota OSIS MTs Plus Nururrohmah Tambaksari Kuwarasan yang juga sangat membantu dalam mensukseskan gelaran acara ini.

        Menurut salah satu guru yakni Ustadzah Nur Suci Handayani, S.Pd bahwasannya pentas seni tahun ini dapat menumbuhkan karakter siswa melalui proses yang panjang. Dalam proses menciptakan dan proses latihan, karakter yang tercipta adalah bagaimana mereka dapat bekerjasama dan berkolaborasi dengan teman — teman satu kelasnya dengan segala perbedaan dan menghasilkan sebuah kolaborasi dan sebuah kreasi seni yang sangat bagus dan menarik. Sedangkan dalam proses penampilan, karakter yang terbentuk adalah bagaimana mereka menunjukkan bakatnya dengan berani dan sangat percaya diri di depan umum.

        Kegiatan pentas seni tahun ini digelar sangat meriah denga  n diisi berbagai macam kesenian yang murni hasil karya siswa mulai dari tari tradisional, tari modern, sendratari, opera, pencak silat, adapula yang memadukan musik modern dan musik tradisional, dsb. Bahkan ada salah satu penampilan yang unik dan bahkan jarang dikenal oleh anak jaman sekarang tetapi dapat diperankan dengan sangat apik oleh Ghozie, Abdi Muslim dan kawan- kawan kelas 8A, yakni penampilan pantomim. Pantomim adalah suatu pertunjukan teater yang menggunakan isyarat, dalam bentuk mimik wajah atau gerak tubuh, sebagai dialog. Kesenian ini sangat populer pada era tahun 80an.

        Sungguh diluar dugaan penampilan — penampilan para siswa siswi  MTs Plus Nururrohmah Tambaksari Kuwarasan dapat membuat seluruh penonton kagum dan terkesima dengan segala kreativitasnya dan kemampuan menyajikannya.

        Acara pentas seni juga semakin meriah dengan hadirnya para siswa SD maupun MI  yang ada disekitar wilayah kecamatan Buayan dan Kecamatan Kuwarasan, dalam acara ini siswa di perkenankan untuk turut menyumbangkan kebisaan mereka baik itu tari-tarian pidato maupun olah vocal. Tampak antusias dan semangat. mereka berbaur menjadi satu tanpa peduli dari kelas mana mereka berasal. Kegiatan ini juga bertujuan untuk menambah keakraban siswa dan mengurangi persaingan antar siswa dalam satu kelas maupun dalam satu madrasah, tidak ada lagi kata “siapa aku dan siapa kamu” semuanya menjadi satu semangat yakni “man jadda wa jadda, man jadda wa jadda, man jadda…. wa jadda…

        Untuk mengapresiasi karya seni siswa, pihak sekolah akan memberikan kenang kenangan dan piagam penghargaan dan door prize kepada peserta dengan maksud agar terjadi jalinan ukhuwah islamiyah antara Pondok Pesantren “Al Kamal” dengan warga sekitar. Sehingga pondok pesantren menjadi semakin dekat dengan masyarakat.