FASILITASI MINAT SANTRI, PP. AL-KAMAL RESMIKAN RUMAH TAHFIDZ

FASILITASI MINAT SANTRI, PP. AL-KAMAL RESMIKAN RUMAH TAHFIDZ

Pada hari Kamis tanggal 20 Agustus 2020 atau bertepatan dengan awal tahun baru Hijriyah 1 Muharram 1442, PP. Al-Kamal meresmikan Rumah Tahfidz sebagai lembaga baru di bawah naungannya, bertempat di halaman depan rumah Alm. KH. Hayat Ihsan.

Rumah Tahfidz yang dimaksud adalah rumah yang dijadikan pusat kegiatan mengkaji dan menghafal ayat-ayat Al-Qur’an dan sebagai tempat para santri menyetorkan hafalannya kepada para hafidz. Dengan demikian Rumah Tahfidz berfungsi sebagai tempat pembibitan santri-santri penghafal Al-Qur’an agar menjadi generasi muda yang Qur’ani yang akan hidup di tengah-tengah masyarakat sehingga diharapkan dapat menyebarkan spirit/nilai-nilai positif di masyarakat sesuai dengan hidayah Allah dalam Al-Qur’an.

Al-Kamal meresmikan Rumah Tahfidz ini bukan hanya semata-mata memfasilitasi para santri yang telah mukim di pondok akan tetapi juga bagi masyarakat umum yang ingin mengambil tahasus Al Quran dengan tinggal di asrama tetapi tidak terikat dengan kurikulum Madrasah Diniyyah PP. Al-Kamal,selain itu juga terbuka bagi santri kalong atau masyarakat yang ingin menghafal dengan tetap tinggal di rumahnya masing-masing. Adapun lokasi rumah yang digunakan adalah rumah kediaman alm. KH. Hayat Ihsan (Allahu yarham) dengan jumlah santri dibatasi sesuai kuota, demikian sesuai yang disampaikan Ust. Fauzi Anwar (al-hafidz) selaku ketua Rumah Tahfidz.

Pada kesempatan lain, Pimp. PP. Al-Kamal al Ustadz Dr. Azam Syukur Rahmatullah, SHI.MSI.MA. menceritakan bahwa rumah yang digunakan sebagai Rumah Tahfidz adalah rumah yang menjadi cikal pondok yang dulu dijadikan asrama santri, dan hari ini akan mengulang sejarah itu yang rumah ini akan menjadi tempat santri menghafal Al-Quran, rumah yang tidak akan diwakafkan tetapi akan digunakan seluas-luasnya untuk keperluan pondok. Selanjutnya, beliau menyampaikan bahwa alm. KH. Hayat Ihsan telah menyampaikan pesan(wasiat) agar pondok diteruskan kepadanya oleh karena itu bagaimanapun capeknya beliau yang juga sebagai dosen tetap di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang harus pulang-pergi antara Jogja-Gombong harus dilakukan demi memikirkan para santri.

Acara peresmian dihadiri oleh Muspika Kecamatan Kuwarasan, pengawas madrasah Kemenag, para ulama-kyai, kepala desa Tambaksari, masyarakat sekitar, dewan asatidz pondok, dan juga para santri semua berlangsung dengan lancar dan penuh khidmat karena bertepatan dengan moment yang luar biasa yaitu 1 Muharrom moment hijrahnya Nabi Muhammad SAW., inilah Nururrohmah yaitu cahaya rahmat yang bulan ini juga bertepatan dengan bulan Agustus yaitu kemerdekaan Indonesia, ucap KH. Ahmad Tamam dalam sambutannya, selain itu, beliau yang juga sebagai Ketua Forum Komunikasi Pondok Pesantren Kab. Kebumen menyampaikan bahwa sosok alm. KH. Hayat Ihsan adalah orang tua yang berhasil karena mempunyai anak yang lebih berhasil dalam mengembangkan dan meneruskan perjuangannya , demikian tutupnya.

Sementara itu, Drs. H. M. Usman selaku wakil Camat Kec. Kuwarasan memohon maaf atas ketidakhadiran bapak Camat karena kebetulan beliau sedang sungkem ke ibundanya di kota Rembang, pesannya adalah bangga dengan Al-Kamal, pondok besar ditambah ada Rumah Tahfidz, intinya kami ikut mendukung dan kalau ada kebutuhan dan kepentingan dengan kecamatan untuk tidak sungkan dapat langsung menghadap, mudah-mudahan dapat mendorong remaja menjadi penghafal al Quran, begitu imbuhnya.

Acara inti pada peresmian ini adalah pemotongan pita, acara tersebut disambut oleh H. Bambang Soetadji, S.Pd. dan pengguntingan dilakukan oleh KH. Saifudin Daldiri, KH. Ahmad Tamam, dan perwakilan dari Muspika yang disaksikan oleh ulama-kyai, kepala desa Tambaksari serta warga sekitar dan diiringai dengan lantunan shalawat Nabi yang menambah khidmat acara tersebut.

Acara selanjutnya adalah mauidzoh hasanah oleh Ibu Nyai Hj. Siti Afifah (al hafidzoh), beliau mengawalinya dengan membaca QS. Al Fatihah untuk alm. KH. Hayat Ihsan dan dilanjutkan dengan inti ceramah mengupas tentang ilmu-ilmu Al-Qur’an, kisah-kisah dalam Al-Qur’an, Kemukjizatan Al-Qur’an, serta salah satu contoh Asbab an-Nuzul Al-Qur’an. Ceramah yang disampaikan sangat memikat para hadirin, selain manyampaikan kisah-kisah dalam Asbab An-Nuzul beliau juga melantunkan ayat-ayat  AL-Qur’an dengan suara merdu nan indah memikat siapapun yang mendengarnya.

KH. Jabir Huda Al-Mansur memimpin do’a diakhir acara peresmian, dengan khusu’ dan khidmat para hadirin meng-amin-kan do’a yang diucapkan. Dengan penuh harap dalam do’a semoga Rumah Tahfidz yang baru saja diresmikan mendapat ridha Allah SWT. dan dapat mencetak generasi mudah yang Qur’ani. Amiinnn Allahumma Amiinnn…… (MAS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *